• April 12, 2021

Perbedaan desain rumah minimalis dan klasik

Perbedaan desain rumah minimalis dan klasik tidak banyak orang mengetahuinya. Terkadang bahkan orang orang tidak bisa membedakan antara desain minimalis dan klasik. Nah untuk teman teman yang ingin mengaplikasikan desain rumah minimalis atau klasik, beberapa poin di bawah ini akan membantu anda untuk membedakan kedua desain rumah tersebut.

Perbedaan antara desain rumah minimalis dan klasik

1. Biaya yang dibutuhkan

Membandingkan antara rumah minimalis dan klasik dari segi biaya yang dibutuhkannya maka bisa dipastikan desain rumah klasik justru akan memakan biaya yang lebih besar, meski tidak terlalu jauh perbedaannya namun rumah klasik memang memerlukan perlakuan yang khusus untuk membuatnya.

Salah satu contohnya bisa terlihat dari sisi luar rumah di mana desain rumah klasik lebih banyak membutuhkan ukiran bernilai seni tinggi ketimbang desain rumah minimalis, di sisi lain rumah klasik lebih didominasi oleh beton sementara rumah minimalis beberapa ornament eksteriornya tidak selalu harus dibuat dari beton. Itu artinya rumah minimalis bisa dikatakan jauh lebih kokoh dan tidak gampang termakan usia, namun tentu saja rumah klasik akan membutuhkan modal yang lebih besar.

2. Penggunaan warna

Perbedaan yang sangat terlihat dari rumah minimalis dan rumah klasik juga bisa diketahui dari penggunaan warna di setiap sisinya, rumah minimalis lebih mengedepankan penggunaan warna yang berani dan mencolok ketimbang rumah klasik, bahkan tidak sedikit desain rumah klasik yang telah menggunakan banyak kombinasi warna di dalamnya. Bagaimana pun juga rumah klasik tetap mengacu pada nuansa tempo dulu yang belum banyak mengalami perkembangan desain secara warna, rumah – rumah seperti ini cenderung menggunakan warna dasar yang terang seperti putih atau pun putih gading.

READ MORE  Apa yang diperlukan untuk mengaplikasikan desain rumah klasik

3. Dekorasi rumah

Hal lainnya yang membuat rumah terkesan klasik atau minimalis juga bisa dilihat dari penggunaan dekorasi atau aksesoris di dalam rumah tersebut, misalnya saja seperti furniture meja dan kursi di mana rumah minimalis lebih mengedepankan penggunaan perabotan multi fungsi dan serba futuristic. Lain halnya dengan desain rumah klasik yang lebih cenderung menggunakan furniture kayu dengan banyak ukiran di sana, dari sini sangat terlihat bagaimana perbedaan keduanya. Selain itu juga penggunaan hiasan di dalam rumah sangat menentukan tema dari rumah tersebut, contohnya untuk rumah klasik maka lebih didominasi oleh banyak hiasan jadul ketimbang rumah minimalis, sedangkan beberapa rumah minimalis bahkan cenderung tidak menggunakan terlalu banyak hiasan di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *